Kategori: Soft News
Saat ini penentuan lokasi bank bukan hanya berada di jalan utama,
dekat perkantoran besar, akses transportasi umum bagus, dan sebagainya.
Namun ada kalanya pemilihan lokasi bank berdasarkan pelayanannya yang
khusus terhadap lingkungan tertentu atau komunitas tertentu. Tidak heran
saat ini anda bisa melihat bank berada di lingkungan pasar, apartemen,
bahkan juga di tempat wisata.
Hari ini aku berkesempatan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Yah sudah lama sekali aku tidak berkunjung kemari. Terakhir kali aku berkunjung kemari itu saat study tour SMP dulu. Kira-kira sekitar 10 tahun yang lalu.
Perjalanan kutempuh dari Ragunan ke TMII menggunakan motor. Ternyata
tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 menit saja. Aku beruntung sekali
hari ini tidak macet dan hujan saat aku berangkat. Jika dalam kondisi
macet mungkin baru 1 jam aku akan sampai di sana.
Sesampainya di sana aku harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.
Rinciannya adalah motor Rp 6.000,00 dan tiap orang harus membayar Rp
9.000,00. Segeralah kubayar dan mendapatkan tiket masuk dari petugas. Yap, kemudian aku meneruskan jalan-jalanku. Rasanya seperti nostalgia bagiku bisa kembali ke sini lagi sejak 10 tahun yang lalu.
Kuamati sekelilingnya, tampak hanya sedikit perubahan. Namun memang
kawasan TMII masih tertata rapi. Pandanganku selanjutnya kemudian
tertuju pada air mancur besar dekat pintu gerbang. Aku kemudian belok ke
kiri dan apa yang kulihat? Ya aku melihat ada dua bank membuka unit
kerjanya dalam TMII. Pikiranku lau bergejolak, mengapa ada bank yang
membuka unit kerjanya dalam objek wisata?
Biasanya dalam objek wisata memang bank memberikan layanannya namun hanya terbatas ATM. Nah, hari
ini baru kulihat ada bank yang membuka layanan unit kerjanya di dalam
objek wisata. Dua bank tersebut adalah Bank BRI dan BNI.
Berikut penampakannya:
a. Bank BRI di lingkungan TMII
b. Bank BNI di lingkungan TMII
Kedua bank tersebut lokasinya berdekatan, hanya beberapa meter. Terlihat juga dalam satu deret terdapat TMII Information Center. Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan parkiran dan tidak berada di bagian belakang TMII.
Mungkin ada alasan tertentu mengapa bank sampai membuka layanan di
dalam objek wisata. Misalnya membuka akses perbankan selebar-lebarnya
kepada penjual di TMII, pengelola TMII, dan tentunya pengunjung TMII.
Aku rasa kedua bank tersebut membuka kantor layanan di sana tentunya
sudah memperhitungkan potensi bisnis yang ada dan hal-hal lainnya.
Selain membuka dua unit kerja di situ, BRI dan BNI tentunya juga menyediakan ATM. Nah jika bicara ATM, ada juga ATM Mandiri dan CIMB Niaga. So, apalagi yang ditakutkan oleh pengunjung TMII jika kekurangan uang cash di dompet. Selain menyediakan banyak objek wisata dan pengetahuan, di TMII anda juga bisa melakukan transaksi perbankan.
Jakarta, 23 Maret 2013
Dwi Fajar Novianto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar